Profil Lembaga PAUD Ittihadul Amien
Gambaran Umum
Lembaga PAUD Ittihadul Amien berada di RT. 01 Dusun Labuapi Desa Labuapi Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Keberadaan PAUD di lingkungan masyarakat yang berprofesi sebagian besar sebagai buruh, pedagang bakulan atau pedagang kaki lima (PKL) dan petani. Berada di perbatasan kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Barat, memposisikan Desa Labuapi Sebagai Desa Satelit, artinya peralihan budaya pedesaan ke budaya kota, yang tidak didukung oleh kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).
PAUD Ittihadul Amien didirikan pada tanggal 4 April tahun 2001, lahir dari keperihatinan terhadap kondisi anak-anak yang tumbuh dan berkembang pada suatu lingkungan yang kurang edukatif. Pada awalnya PAUD Ittihadul Amien hanya melayani program Kelompok Bermain (KB), namun dalam perjalanan waktu, tepatnya pada tahun 2005 PAUD Ittihadul Amien memperluas program layanan dengan mengintegrasikan program PAUD ke kegiatan Posyandu yang ada di Dusun dengan sasaran peserta didik 0 – 3 tahun.
PAUD Ittihadul Amien dikelola oleh 3 (tiga) orang pengelola, terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara. Adapun jumlah pendidik dan kader sebanyak 12 orang dengan klasifikasi pendidikan dari tingkat SMA sampai dengan Sarjana. Untuk proses kegiatan dipusatkan di secretariat PAUD dengan 3 (tiga) lokal bangunan permanen, halaman tempat bermain dan lahan tempat praktik bercocok tanam anak.
Gambaran Fisik PAUD Ittihadul Amien dibangun dengan konstruksi permanen dengan rincian sebagai berikut:
- Luas Tanah : 1300 m²
- Jumlah Ruang Belajar : 4 ruang
- Ukuran Ruang Kelas : 6 X 8 M2
Adapun perincian pemanfaatan luas tanah tersebut diatas adalah.
1. Sekretariat
2. Ruang Belajar
3. Toilet
4. Halaman bermain
Selain fasilitas tersebut diatas upaya PAUD Ittihadul Amien dalam memenuhi kebutuhan dan minat anak terhadap alam sekitar dan yang terpenting adalah agar anak tidak terlepas dari akar budaya dan potensi lokal, maka disediakan juga lahan yang ditanami tumbuh-tumbuhan yang dijadikan sebagai laboratorium tempat bercocok tanam siswa dan hasilnya bisa di nikmati lansung oleh anak-anak. Selanjutnya PAUD Ittihadul Amien dikelilingi oleh persawahan dan rumah penduduk dengan batas-batas sebagai berikut :
1. Sebelah Barat: Persawahan yang di batasi dengan tembok
2. Sebelah Timur: Kali subak Labuapi yang di batasi dengan tembok
3. Sebelah Selatan: Persawahan yang di batasi dengan tembok
4. Sebelah Utara: Pemukiman Penduduk yang di batasi dengan tembok
Sarana dan Prasarana PAUD Ittihadul Amien
Sarana dan prasarana merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar PAUD Ittihadul Amien. Adapun data tentang sarana dan prasarana sebagai berikut :
1. Sekretariat
Beberapa fasilitas penunjang kesekretariatan seperti:
a. 1 set Komputer
b. 1 Stel Meja Kantor
c. Almari tempat penyimpanan berkas
d. Papan Data dan struktur kepengurusan
e. Buku-buku administrasi kesekretariatan
2. Ruang Pembelajaran
Jumlah ruang pembelajaran sebanyak 5 ruang, dengan klasifikasi pembagian sebagai berikut :
3 ruang untuk anak usia 3 – 6 thn yang ditata dengan pendekatan sentra dan 1 ruang untuk anak usia 0 - <3 thn dengan penataan pendekatan asuhan bersama. Adapun peralatan yang terdapat di setiap sentra antara lain sebagai berikut:
a. Sentra bermain peran dilengkapi dengan, alat-alat dapur, miniatur rumah beserta isinya, kursi anak, meja guru, kursi guru, lemari peralatan, bangunan masjid yang terbuat dari triplek, jam dinding dan alat-alat permainan yang lain.
b. Sentra bermain balok dilengkapi dengan, jam dinding, permainan balok, karpet, lemari tempat penyimpanan peralatan anak.
c. Sentra seni dan persiapan dilengkapi dengan, meja mini untuk anak, lemari tempat penyimpanan mainan, papan tulis, jam dinding, karpet dan alat-alat permainan lainnya seperti puzzle dll.
d. Sentra alam berada diluar ruangan ( out door ) dilengkapi, dengan halaman yang cukup luas tempat bercocok tanam berbagai jenis tanaman, tenda balon, berugak , ayunan dan kolam ikan.
e. Ruangan untuk anak usia 0-3 tahun ( 1,3-2,8 tahun ) dilengkapi dengan Alat Permainan Edukatif Sensorimotor dan Simbolik.
Perangkat Administrasi
Adapun perangkat adminstrasi yang dimiliki PAUD Ittihadul Amin adalah sebagai berikut:
1. Struktur Organisasi PAUD
Tabel berikut adalah struktur organisasi PAUD Ittihadul Amin Labuapi, yaitu sebagai berikut:
Pelindung dan Pembina
|
Kepala Pengelola H. Munawar S. Ag |
Peserta Didik/Siswa |
KOBER |
Posyandu dan BKB |
Pendidik dan Kader |
Sekretaris Supianingsih |
Bendahara Muslimatun |
TK |
Data Nama- nama PTK PAUD Ittihadul Amien Labuapi
No | Nama Guru | Jabatan | Pendidikan Terakhir |
1 | H. Munawar, S.Ag | Kepala | S1 |
2 | Supianingsih | Sekretaris | MA |
3 | Muslimatun | Bendahara | MA |
4 | Husnul Khotimah,S.Pd | Pendidik TK | S1 |
5 | Nurul Fitriyah, S.PdI | Pendidik TK | S1 |
6 | Siti Aisyah, S.Pd | Pendidik TK | S1 |
7 | Wahidah, A.Ma | Pendidik KB | D2PGTK |
8 | Ernawati | Pendidik KB | SMKK |
9 | Nurminah | Pendidik KB | MA |
10 | Kurnia Nurlaela | Pendidik KB | SMA |
11 | Kartini Harianti | Kader SPS | SMA |
12 | Uswatun Hasanah | Kader SPS | MA |
Rekapitulasi Data Anak PAUD Ittihadul Amin Labuapi Tahun 2010 - 2011
Kelompok | Usia | Lk | Pr | Jumlah |
A | 1-<3 Thn | 4 | 5 | 9 |
B | 3-4 T Thn | 7 | 6 | 13 |
C | 4-5 Thn | 4 | 5 | 9 |
D | 5-6 Thn | 7 | 4 | 11 |
E | 5-6 Thn | 6 | 3 | 9 |
Total | 28 | 23 | 51 |
Rekapitulasi Data Anak PAUD Ittihadul Amien Labuapi Tahun 2011 - 2012
Kelompok | Usia | Lk | Pr | Jumlah |
A | 1-2 Thn | 13 | 16 | 29 |
B | 2-3 Thn | 5 | 3 | 8 |
C | 3-4 Thn | 3 | 7 | 10 |
D | 4-5 Thn | 10 | 16 | 26 |
E | 5-6 Thn | 17 | 6 | 23 |
Total | 48 | 48 | 96 |
Visi, Misi dan Indikator Out Put
Visi :
Mewujudkan Anak Cerdas, Sehat, Nyaman, Menyenangkan, Berbudi Baik Menjadi Dirinya Sendiri.
Misi :
- Menghargai Keragaman Potensi Anak
- Mewujudkan Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Kebutuhan Anak
- Bekerjasama Dengan Pihak-Pihak Yang Terkait Dalam Hal Kesehatan Anak
- Membiasakan Kebersihan Diri Dan Lingkungan
- Menata Lingkungan Yang Aman, Nyaman Sebagai Tempat Bermain Dan Belajar Yang Menyenangkan
- Menjadi Contoh, Pembiasaan Perilaku Yang Baik
- Memberi Keluasan Berkarya Untuk Menggali Bakat Dan Minat Anak
- Menjadikan Nilai Agama Dan Budaya Lokal Dalam Proses Pembelajaran
- Menjalin Hubungan Yang Baik Dengan Anak,Orang Tua Dan Masyarakat
Indikator Out Put :
- Anak Memiliki Kemampuan Dan Keberanian Mengungkapkan Pendapat Atau Gagasan
- Anak Bisa Bersosialisasi Dan Menghargai Orang Lain
- Anak Mampu Menggunakan Bahasa Indonesia Dalam Berkomunikasi
- Mampu Mengenal Keaksaraan Dan Konsep Bilangan
- Mampu Mengenal Konsep Bunyi, Warna Dan Bentuk
- Mempunyai Kesehatan Fisik Dan Ketangkasan Motorik
- Anak Dapat Mengenal Diri Sendiri Dan Lingkungannya Sebagai Ciptaan Allah
- Anak Mampu Melakukan Ibadah Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari
- Mempunyai Keterampilan Diri Dan Keterampilan Mandiri
Pembagian tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Untuk efektifitas pelaksanaan program PAUD dan guna mencapai hasil yang maksimal, maka pembagian tugas pelaksanaan program diatur sebagai berikut:
a. Kepala, mengkoordinir seluruh pendidik dan tenaga kependidikan demi suksesnya kegiatan program PAUD dan mengupayakan pengembangan ataupun peningkatan layanan.
b. Wakil Kepala, bertugas membantu kepala dalam bidang terlaksananya program pembelajaran.
c. Sekretaris, membantu ketua dalam bidang administrasi kesekretariatan.
d. Bendahara, membantu ketua dalam bidang pengelolaan keuangan PAUD dan bersama dengan ketua mengupayakan sumber dana lain (donatur) yang tidak mengikat perkembangan dan kemajuan program.
e. Pendidik dan Kader, membantu ketua dalam bidang pelaksanaan program PAUD, baik pada proses pembelajaran maupun layanan kesehatan.
Bentuk program layanan yang diterapkan
Program layanan yang diselenggarakan di PAUD Ittihadul Amien sebagai berikut:
1. Satuan PAUD Sejenis (SPS) terintegrasi dengan Posyandu dan BKB, dengan kelompok usia 0-2 thn
2. Kelompok Bermain (KOBER) dengan kelompok usia 2-4 thn
3. Taman Kanan-kanak (TK) dengan kelompok usia 4-6 thn
jam pembelajaran disesuaikan dengan kondisi usia dan layanan, yaitu untuk Satuan PAUD Sejenis yang terintegrasi (Posyandu, Bina keluarga balita) 3 kali dalam seminggu dengan alokasi waktu 2 jam pertemuan, sedangkan untuk kelompok bermain dan Taman Kanak-kanak selama 3 jam pembelajaran.
Manajemen Penyelenggaraan Program PAUD
a. Rekrutmen Anak Didik
Proses penerimaan anak didik di PAUD Ittihadul Amien Labuapi tidak menggunakan seleksi masuk, penerimaan anak didik berjalan apa adanya, adapun persyaratan pendaftaran adalah akte kelahiran anak atau surat keterang kelahiran dari desa
b. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
PTK PAUD Ittihadul Amien sebagian besar merupakan warga sekitar (Labuapi) yang memiliki tingkat pendidikan Sarjana dan SMA/ sederajat. sesuai dengan tugas-tugasnya sebagai pendidik.
Kurikulum
Mengacu pada Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009, sebagai Standar PAUD Nasional, PAUD Ittihadul Amien menyusun kurikulum pembelajaran sendiri lalu dijabarkan ke dalam bentuk silabus program pembelajaran yang ”berkarakter” budaya setempat disesuaikan dengan kebutuhan potensi lokal yang ada.
Metode Pembelajaran
PAUD Ittihadul Amien dalam proses pembelajaran menerapkan perpaduan beberapa metode/pendekatan pembelajaran yaitu metode”Regio Emelia” dengan ”Sentra dan Lingkaran” yang berbasis potensi lokal, dalam pendekatan ini anak-anak dirangsang secara aktif untuk melakukan kegiatan belajar dengan bermain di sentra-sentra pembelajaran yang terletak di dalam maupun luar ruangan dengam mengetumakan alam dan sekitarnya sebagai sumber dan media belajar
Program Pendukung Pembelajaran
Pembelajaran di PAUD Ittihadul Amien berorientasi pada anak cerdas, sehat, nyaman, berbudi baik menjadi dirinya sendiri, untuk mewujudkan itu semua, maka dibutuhkan beberapa program-program yang inovatif dan uptodate.
Beberapa program-program penunjang yang telah dan akan dilaksanakan adalah :
1. Parenting day
2. Rekreasi
3. Out bond
Pendanaan
Untuk menunjang kegiatan pendidikan di PAUD Ittihadul Amien, sistim pendanaan ditata sesuai dengan kebutuhan dan mempertimbangkan pada kemampuan dari kondisi yang ada dengan gambaran sebagai berikut:
1. Hasil panen dari tanah persawahan milik lembaga
2. Donatur
3. Iuran partisipasi wali murid
4. Bantuan APBN/APBD (jika ada)
Aset Lembaga
Dari semenjak berdiri PAUD Ittihadul Amien sampai dengan sekarang mempunyai aset sebagai berikut :
1. 3 ruang gedung pembelajaran
2. Alat Permainan Edukatif dalam dan luar ruangan
3. Tanah persawahan produktif seluas 5000 M2 (1/2 hektar)
Dengan aset yang ada proses pendidikan dan pembelajaran dilaksanakan untuk mewujudkan visi dan misi dari lembaga.
Prestasi Yang telah diraih
1. Penghargaan Bupati Lombok Barat thn. 2008 tentang lembaga PAUD Berperestasi terbaik se kabupaten Lombok Barat.
2. Juara Pertama lomba bersya’ir Hari Anak Nasional Prov. NTB thn. 2008
3. Juara Pertama lomba cipta lagu PAUD Kabupaten Lombok Barat Thn. 2008
4. Juara Pertama Lomba Pengelola PAUD Jambore PTKPNF Prov. NTB thn. 2010(an. H. Munawar.S.Ag)
5. Juara Pertama Lomba Pengelola KOBER Jambore PTK PAUDNI Kab. Lombok Barat thn.2011(an.Supianingsih)
6. Juara Kedua lomba Pengelola KOBER Jambore PTK PAUDNI Prov.NTB thn.2011 (an. Supianingsih)
Penutup
Dengan segala upaya dan keterbatasan kami tidak akan jemu meretas langkah untuk mewujudkan tunas-tunas yang berkwalitas agar dapat dituai hari esok yang lebih gemilang, kepada semua pihak kami sangat mengharap kritik dan saran demi terwujudnya harapan yang mulia, akhirnya kepada Allah kami memohon agar ujian dan cobaan tetap menguatkan keyakinan kami.
Hormat kami,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar